Kamis, 26 Februari 2009

Peristiwa yang dilupakan oleh zaman



Anda tahu peristiwa apa yang selalu dilupakan oleh zaman dengan seenaknya saja ?, jawabannya adalah tanyakan pada musisi kelahiran irlandia (sebab ibu saya suka dengan music bernuansa skotland atau brittish pedalaman, kaya gaya musiknya band dari kota IRISH, IRELAND) yang mengerti betapa pentingnya sastra bagi bangsa mesir kuno, bila anda tidak menemukan jawabannya tanyakan pada penduduk desa tapulaga yang percaya bahwa hujan turun sepanjang musim tahun ini.
Tapulaga itu suatu desa yang terletak di pesisir laut banda dan berhadapan langsung dengan pulau bokori, pulau yang pernah dikunjungi oleh para personil band dewa 19. Berada di wilayah administrasi kecamatan soropia dan kabupaten konawe. Tapulaga itu suatu desa yang sarana transportasinya saat ini teramat sangat memprihatinkan, jalannya rusak, dan aktivitas kendaraan umum yang sulit di jangkau pada waktu-waktu tertentu (padahal bila ke permandian pantai toronipa, justru jalanan ini yang harus di lewati, o pemerintah kabupaten konawe mana kepekaanmu ???). tapi di balik berbagai kekurangannya itu perairan tapulaga justru menyimpan kerang mahal yang bila di kelola semaksimal mungkin bisa menjadi sumber devisa bangsa ini.
Bagi mahasiswa abalone mengunjungi desa tapulaga setiap minggu bahkan tidak jarang setiap hari pada musim akademik tertentu bukanlah hal ritual yang aneh lagi sebab tapulaga itu sudah seperti rumah kedua bagi kami. Ditapulaga itu terdapat hatchery pembesaran anakan dari kerang mahal abalone, jadi tidak asing mi lagi……………….

Tidak ada komentar: